Kiat - kiat jitu agar berhasil dalam presentasi

Sumber Gambar:  http://id.jobsdb.com

Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang dan menjadi salah satu bentuk komunikasi. Presentasi merupakan kegiatan pengajuan suatu topik atau tema, pendapat atau informasi kepada orang lain secara bersama-sama. Berbeda dengan pidato yang lebih sering dibawakan dalam acara resmi dan acara politik, presentasi lebih sering dibawakan dalam acara bisnis atau pelatihan wirausaha.

Presentasi sangat erat hubungannya dengan wirausaha. Maka dari itu kami akan berikan beberapa kiat jitu agar presentasi kita berhasil dengan maksimal. Berhasil bisa berarti audience puas sehingga semua topik yang kita sampaikan bisa mereka pahami dengan jelas.

Masalah yang biasanya dihadapi adalah adanya rasa kurang percaya diri, gugup, bingung dan sebagainya. Itu adalah momok yang harus kita hilangkan, caranya bagaimana? Latihan. Ya, dengan latihan secara konsisten dan terus menerus, itu berarti kita telah menyelesaikan 30% presentasi kita, untuk yang 70% adalah saat kita berada di depan audience.

Berikut inilah beberapa kiat yang bisa anda persiapkan untuk presentasi yang maksimal:

  1. Mempersiapkan Presentasi. Kebanyakan orang yang tidak mempersipakan presntasinya akan mengalami kebingungan dan kegugupan apa saja yang harus disampaikan dan apa yang harus diberikan kepada audience. Ini merupakan suatu tindakan yang sangat berbahaya. Orang yang sudah biasa presentasi saja harus persiapan sebegitu kerasnya, apalagi kita yang jarang sekali melakukan presentasi.
  2. Memulai Presentasi. Mensegerakan presentasi bisa jadi salah satu jalan keberhasilan presentasi kita. Secara umum, audience pasti sangat jenuh ketika kita mengulur-ulur presentasi kita.
  3. Menceritakan Siapa Sebenarnya Diri Kita. Jangan malu menjelaskan latarbelakang kita, itu bisa menjadi nilai tambah jika kita benar-benar menceritakan sebenar-benarnya keadaan kita. Jangan sampai audience mendapatkan kita memberikan informasi yang dibuat-buat agar kita terlihat professional.
  4. Sistematis. Tuliskan apa saja yang ingin kita sampaikan secara berurutan. Sehingga kita tidak kehilangan bahan presentasi secara mendadak karena tidak sistematis.
Cukup 4 (empat) kiat/ tips itu kita terapkan benar, maka presntasi kita pasti akan berhasil.
Tag : Tips
0 Komentar untuk "Kiat - kiat jitu agar berhasil dalam presentasi"

Back To Top